Next Post

Seniman OkMekMin Di harapkan Mengangkat Harkat dan Martabat Melalu Pelestarian Seni dan Budaya Asli

SIWARWENG.COM_Dalam rangka melestarikan Kesenian Tradisional, Dinas kebudayaan Daerah Pegunungan Bintang Melalui Bidang Budaya & Seni Melaksanakan kegiatan pembinaan peningkatan kapasitas sumberdaya manusia di bidang kesenian.

Kegiatan pembinaan bagi pelaku seniman tradisional tersebut di buka secara resmi, Plt. Asisten Bidang Pemerintahan Umum, Drs. Aquino B Uropmabin di aula susteran KSFL Mabilabol Oksibil,belum lama ini.

Asisten I Setda dalam sambutanya menuturkan Sumber Daya Manusia (SDM), menjadi isu utama bagi semua komponen di wilayah Pegubin, Papua maupun Indonesia Bahakan di kanca internasional.

Namun kenyataannya yang di rasakan saat ini adalah belum terlihat data yang jelas terkait implementasi dari pembangunan Sumber Daya Manusia yang di capai, maupun kegagalannya dari isu utama peningkatan SDM ini.

Kita berbicara banyak tentang sumber daya manusia namun kenyataan membuktikan bahwa membangun Sumber Daya Manusia hanya ungkapan belaka, yang seharusnya ungkapan itu di buktikan dengan tindakan nyata bukan ucapan belaka.

Mantan Kepala DPMPK itu berharap Melalui kegiatan pembinaan pelaku Kesenian ini, Dinas Kebudayaan benar – benar merencanakan dan menentukan tujuan yang jelas agar kader yang di siapkan menyiapkan dalam bidang kesenian, kiranya dapat mengangkat dan melestarikan kembali Nilai-nilai kearifan lokal kita yang secara perlahan mulai terkikis akibat pengaruh budaya luar dan perubahan zaman yang semakin kencang saat ini.

Budaya sebagai jati diri dan identitas setiap suku bangsa dan juga setiap orang karenanya,dinas kebudayaan bekerja keras untuk mewujudkan visi dan misi pemeritah saat ini yakni terciptanya manusia pegubin yang berbudaya,ucapnya.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Kebudayaan Decky Birdana, dalam arahannya menuturkam Dinas kebudayaan sebagai dinas baru yang sedang di persiapkan untuk mengakat harkat dan martabat jati diri orang asli Pegubin sehingga Saat ini belum memiliki anggaran khusus karenanya kegiatan pembinaan ini hanya di ikuti oleh perwakilan.

Kedepannya Decky optimis bilah pihaknya mendapat dukungan dana dari pimpinan daerah dalam hal ini Bupati sebagai pengambil kebijakan di daerah,tentu akan bekerja secara maksimal guna mewujudkan visi misi pemerintah saat ini yakni mewujudkan manusia pegubin yang sehat, cerdas dan berbudaya.

Sementara itu Stefanus Wayam Selaku ketua panitai mengatakan tujuan kegiatan pembinaan ini bertujuan untuk kembali membuka wawasan para pelaku seni di daerah ini agar pelaku seni dapat mengembangkan bakat yang di milikinya baik melalui seni tari, seni musik, seni rupa dan juga seni lukis dan ukir.

Dengan demikian selaku ketua panitia saya berharap para peserta yang3ngikuti kegiatan pembinaan ini mampu, meningkatkan ketrampilan yang dimilikinya di kalangan masyakat di kampung terutama dapatemperdayakan orang asli pegubin dalam rangka mengangkat nilai nilai budaya khususnya bidang seni guna mengangkat dan melestarikan kesenian tradisional daerah Pegubin.

Kegiatan pembinaan para seniman tradisional tersebut di hadiri 46 peserta, yakni seni ukir, seni lukis, seni musik ,hingga pelaku kerajinan tangan khas serta pelaku seni tarik suara, dari perwakilan enam suku wilayah adat Pegubin. 

Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *