Next Post

Bupati Spey Seriusi Pembentukan Lembaga perempuan’Ok Min,Pegubin

KUKDING, SIWARWENG.COM– Keseriusan Bupati Pegubin dalam mendorong Lembaga Perempuan Adat Ok,Me, Min Pegubin. Dalam rangka mengangkat harkat dan martabat kaum perempuan di negeri seribu mata air ini semakin besar.

Hal ini terlihat ketika Bupati Pegubin menerima kunjungan kaum perempuan OKMIN Pegubin di ruang kerjanya Kukding Oksibil Senin, 31/5 kemarin.

Dalam pertemuan Bupati Bersama perwakilan Perempuan’ Ok Me Min Pegubin itu membahas beberapa hal kedepan dalam menghadapi tantangan global juga terkait perlindungan terhadap hak-hak dasar kaum OKMIN Pegubin dari pengaruh luar.

Bupati Spey dalam Arahnya menuturkan dengan melihat situasi dan kondisi saat ini kaum perempuan OKMIN Pegubin semakin hari semakin lupa akan nilai-nilai budaya yang di wariskan leluhur kita. Dengan demikian, lembaga itu Me Min yang saya dorongan ini diharapkan melalui wadah ini perempuan OKMIN dapat memahami dan kearifan lokal serta pola hidup sehat mulai saat ini. Serta dengan Lembaga Perempuan Adat Ok Me Min ini pula akan menjadi sarana utama pendidikan bagi anak usia dini hingga dewasa agar kehidupan asli perempuan OKMIN Pegubin tidak termakan oleh perkembangan zaman saat ini, Jelasnya Bupati Spey.

Sementara itu Ketua Umum Perempuan Adat okmin Pegubin, Frederika Ningmabin, kepada media ini menjelaskan, selama ini kaum perempuan OKMIN Pegubin belum pernah diberdayakan oleh pemerintah Daerah Pegubin yang sebelumnya, tetapi di masa kepemipinan SEPTE barulah mulai memperhatikan kami baru bapak Bupati sebagai anak adat sangat mendukung penuh terhadap kaum perempuan OKMIN Pegubin dengan memberikan saran Bagi kami untuk membentuk Lembaga Adat Perempuan Ok Me Min Pegubin.

 Ketika ditanya terkait hasil pertemuan dengan Bupati mama Dika sapaanya itu mengatakan, dalam pertemuan kami dengan bapak Bupati kami melakukan konsultasi kepengurusan dan waktu pelaksanaan Kongres Pertama Lembaga Perempuan Adat Ok Me Min.

Dari hasil yang kami sampaikan kepada bapak Bupati, bapak Spey sebagai anak adat sudah diterima dengan baik dan beliau (Bupati) siap mendukung penuh terhadap kami kaum perempuan OKMIN Pegubin, ucap Mama Dika.

Dalam pertemuan tersebut turut hadir Sekda, dan Asisten I bidang pemerintahan umum serta Perwakilan kaum perempuan OKMIN Pegubin dari 6 sub suku yang ada di wilayah Pegubin. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *