Next Post

Proses Perkuliahan Resmi Di Buka, 600 Calon Mahasiswa Universitas Okmin Papua, Ikut Kuliah Perdana

                                                            For/RAN

SIWARWENG.COM;_Proses perkuliahan Universitas Okmin Papua, Pegunungan Bintang, resmi di buka oleh pemerintah kabupaten pegunungan bintang dan pihak pengelolah Universitas Okmin Papua (UOP) di Oksibil,Senin,13/9.

Kuliah Perdana tersebut di hadiri sekita 600 calon mahasiswa baru asal Pegubin, serta juga turut hadir langsung beberapa petinggih negara maupun secara daring diantaranya Rektor Universitas Okmin Papua, Dr.Suryasatria Trihandar,M.Sc.nat,perwakilan Menteri Komunikasi dan Informatika RI Philip M. Gobang, Duta besar RI untuk Negara Zimbakwe dan Zambia,Mr.Dewa Made Juniarta Sastrawan.

Dalam kegiatan itu turut hadir dan memberikan ceramah secara umum secara daring pulah,Kepala BPSDM RI Ir.Sugiyartanto,M.T, Dean Of the International colleage,Representing the President Of Univercity Taiwan,Prof.Chen, ICEE USA and Representative of ICEE Singapore ,Mr.Kamal Gedeon dan PSTA Batam Jogyakarta. Prof.Ir.Yohanes Sardjono,APU.

Kehadiran petinggi negara dan para dosen itu di sambut baik Calon Mahasiswa/i dan Masyarakat Pegubin dengan tarian adat khas Pegunungan Bintang.

Universitas Okmin Papua itu terdiri dari lima Jurusan yakni, Antropologi, Agroteknologi , Matematika dan Bahasa Inggris

Bupati Spey Yan Birdana,ST,M.Si dalam arahanya mengatakan “Kehadiran Universitas Okmin Papua di Pegunungan Bintang secara khusus dan Pedalaman Pegunungan tengah papua secara umum merupakan Daerah perbatasan,terbelakang,terisolasi,termiskin di provinsi papua dengan demikian dengan adanya Universitas Okmin Papua dapat mempercepat pembangunan Sumberdaya Manusia (SDM) berbasis informasi dan teknologi.

Lanjud Bupati Spey, kedepan kampus ini akan dilengkapi dengan perlengkapan teknologi yang memadai,sehingga, tidak harus ke luar negeri sepeti Amerika, Singapore atau Thailand tetapi cukup ada di pegunungan bintang untuk menguasai teknologi dan bisa terkoneksi dengan teman-teman kita yang di benua pasifik ,benua asia juga di benua eropa”terangnya.

Eks Kepala Bappeda Pegubin itu juga menuturkan, didalam kampus ini para mahasiwa dituntut untuk mengenal budanya serta akan di bina dan secara bertahap untuk menjadi mahasiswa matematik,mahasiswa antropolok dan juga mahasiswa agroteknologi yang mampu menciptakan pengetahuan baru bagi masyarakat Pegunungan Bintang.

Kehadiran kampus Universitas Okmin Papua merupakan,salah satu program perioritas pemerintahan SEPTE dalam rangka membangun Sumber Daya Manusia yang handal sehingga mampu bersaing dengan daerah lain.

Dari pantauan media ini, Kegiatan kuliah perdana tersebut dibuka oleh Rektor Universitas Okmin Papua Dr.Suryasatria Trihandaru,M.Sc,nat dan dilanjutkan dengan Staf Khusus Mentri Komunkasi Dan Informatika Republik Indonesia,Philip M. Dan serta beberapa pemateri yang memberikan ceramah umum melalui daring yaitu ICEE USA and Representative of ICEE Singapore, Mr.Kamal Gedeon dan beberapa tamu yang lain memberikan materi melalui Virtual.

Kegiatan pembukaan kuliah perdana tersebut di akhiri dengan penandatanganan kerja sama dan penanaman pohon peradaban di lingkunkan Universitas Okmin Papua.

Reporter : Ranno B
Admin.    : Siwarweng.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *